Suka Makan Ikan? Berikut Tips Memilih Ikan yang Tepat

Suka Makan Ikan? Berikut Tips Memilih Ikan yang Tepat

Berikut tips memilih ikan yang tepat-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Ikan merupakan sumber protein yang kaya akan nutrisi penting, termasuk asam lemak omega-3, vitamin D, dan selenium.

BACA JUGA:Mengurangi Kolesterol, 7 Manfaat Daun Kunyit

Asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, diantaranya mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi resiko stroke, mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan mood, meningkatkan kualitas tidur.

Ikan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan gigi, dan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selenium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung, otak, dan kulit.

Rekomendasi asupan ikan untuk orang dewasa adalah 2 porsi ikan per minggu. Dengan memilih ikan apa saja yang mengandung asam lemak omega-3, seperti salmon, tuna, mackerel, sarden, dan trout.

Jika sedang hamil atau menyusui, penting untuk mengkonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 penting untuk perkembangan otak dan mata bayi.

BACA JUGA:Pemerintah Dorong Optimalisasi Pemanfaatan SDA dan Penyediaan Devisa untuk Kemakmuran Rakyat

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih dan memasak ikan yang sehat:

1. Pilih ikan yang segar. Ikan segar memiliki mata yang cerah, warna daging yang merah atau putih cerah, dan tidak berbau amis.

2. Hindari ikan yang mengandung merkuri tinggi, seperti ikan hiu, ikan todak, dan ikan marlin.

3. Masak ikan dengan cara yang sehat, seperti dibakar, dipanggang, atau dikukus.

BACA JUGA:Universitas Airlangga Buka Seleksi Jalur Mandiri Hingga Akhir Juli 2023

4. Ikan adalah makanan yang sehat dan bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Jika ingin meningkatkan kesehatan, pertimbangkan untuk menambahkan ikan ke dalam diet.

Sumber: