Update Status Gempa Turki dan Suriah, 7.826 Meninggal Akibat Gempa, WHO Desak Negara-Negara Lain Berikan Bantuan

Rabu 08-02-2023,12:03 WIB
Reporter : Ksandi
Editor : Rnd

jektvnews.com - Gempa dahsyat dengan kekuatan 7,8 Magnitudo, mengguncang Kota Pazarcik yang ada di Provinsi Kahramanmaras, Turki, sejak hari selasa (7/2) mengakibatkan terjadinya beberapa korban jiwa.

Berdasarkan AFP pada Rabu (8/2) pagi, data resmi menunjukkan, total sudah ada 7.826 kematian yang tercatat di dua negara akibat gempa.

Ada kekhawatiran jumlah korban tewas ini akan terus bertambah mengingat petugas penyelamat masih berupaya mencari korban yang terperangkap. Pejabat WHO bahkan memperkirakan hingga 20.000 orang mungkin telah meninggal dalam gempa Turki dan Suriah.

WHO juga memperingatkan bahwa hingga 23 juta orang kemungkinan dapat terkena dampak gempa dahsyat tersebut. Mereka pun mendesak negara-negara dan lembaga internasional lain untuk segera memberikan bantuan ke zona bencana.

Baca Juga : hukum manfaatkan fasilitas air masjid untuk berkerjasama dalam bidang usaha cek mengenai penjelasannya disini

Bulan Sabit Merah Suriah mengimbau negara-negara Barat lainnya untuk mencabut sanksi dan memberikan bantuan karena pemerintah Presiden Bashar al-Assad tetap menjadi paria di Barat. Kondisi ini mempersulit upaya bantuan internasional kepada Suriah.

Sebelumnya, Washington dan Komisi Eropa pada Senin mengatakan, bahwa program kemanusiaan yang didukung oleh mereka akan menanggapi kehancuran di Suriah.

UNESCO, juga mengatakan siap memberikan bantuan setelah dua situs yang terdaftar dalam daftar Warisan Dunia di Suriah dan Turkiye mengalami kerusakan.

Baca Juga :peringatan 1 abad nahdlatul ulama presiden joko widodo dukung nu membangun peradaban dunia yang berkeadilan

Selain kerusakan kota tua Aleppo dan benteng di kota Diyarbakir, Turki tenggara, UNESCO mengatakan setidaknya tiga situs Warisan Dunia lainnya dapat terpengaruh gempa.

Sebagian besar wilayah yang dilanda gempa di Suriah utara telah dihancurkan oleh perang bertahun-tahun dan pengeboman udara oleh pasukan Suriah dan Rusia yang menghancurkan rumah, rumah sakit, dan klinik.

Tags :
Kategori :

Terkait