Ingat!! Puasa Rajab di Tahun 2023 Mulai Hari Ini, Berikut Panduan Puasa Rajab

Senin 23-01-2023,03:01 WIB
Reporter : Ksandi
Editor : Rnd

jektvnews.com - Bulan Rajab merupakan salah satu Asyhurul Hurum, dimana sebuah bulan yang di muliakan selain Dzulqqidah, Dzulhijjah dan Muharram. Melaksanakan puasa pada bulan Rajab sebagaimana bulan mulia lainnya, disebutkan bahwa hukum melaksanakannya adalah sunnah.

Diriwayatkan dari mujibah al-Bahiliyah , Rasulullah SAW pernah bersabda

“ Puasalah pada bulan -bulan haram (mulia).” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Di tahun 2023 ini, awal bulan rajab 1444 H, jatuh pada hari Senin 23 Januari 2023, dimana umat muslim sudah bisa melaksanakan ibadah puasa rajab ini.

Pada bulan rajab yang penuh istimewa ini, ada sebuah keistimewaan dimana, Rasulullah SAW melakukan perjalanan Isra Mi'raj dan mendapatkan perintah dalam mengajak umat melaksanakan salat 5 waktu.

Al-Qur'an surat At-Taubah ayat 36, disebutkan keistimewaan bulan rajab yakni  :

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ

ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Arab-Latin: Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Bagi umat islam yang melaksanakan ibadah puasa rajab ini, ada suatu keutamaan bagi umat islam yang menjalankan ibadah puasa rajab ini.

terkait hal tersebut, Imam al-Ghazali dalam kitab Ihyâ 'Ulumiddîn pernah menjelaskan mengenai dua hadits tentang puasa di bulan Rajab, dan  bagi umat islam yang melaksanakan puasa rajab ini.

"Satu hari berpuasa pada bulan haram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), lebih utama dibanding berpuasa 30 hari pada bulan selainnya. Satu hari berpuasa pada bulan Ramadhan, lebih utama dibanding 30 hari berpuasa pada bulan haram”,

Selanjutnya, dalam hadist lainnya, Rasulullah SAW pernah bersabda sebagai mana berikut ini :

"Barang siapa berpuasa selama tiga hari dalam bulan haram, hari Jumat, dan Sabtu, maka Allah balas setiap satu harinya dengan pahala sebesar ibadah 900 tahun."

Tags :
Kategori :

Terkait