Bayangkan!! Pagi di Jambi Sarapan di Pempek Selamat, Siang Sudah Makan Pindang Musi Rawas di Kota Jambi

Sabtu 21-01-2023,15:02 WIB
Reporter : Ksandi
Editor : Rnd

Masyarakat Muaro Jambi tersebut, menurut Agus, memasang harga berkisar 30 persen lebih tinggi dari yang ditetapkan. Dengan harga satu hektarnya sudah ditetapkan harga Rp 700 juta untuk pembebasan lahan.

"Yang mereka maunya 30 persen lebih dari harga yang sudah ditetapkan. Tapi, itu masih dalam proses negosiasi tim, kita tidak sampai ke sana," paparnya.

Saat ini mengenai permasalahan tersebut, sedang di upayakan oleh pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. Jika nantinya pembayaran pembebasan lahan selesai, Agus mengungkapkan, bahwa  pembangunan fisik bisa langsung dilanjutkan. Sementara, untuk pengukuran dan verifikasi telah selesai dikerjakan.

Dirinya berharap pengerjaan proyek pembangunan jalan tol Jambi-Betung ini dapat segera teralisasikan di tahun 2023 ini dengan segara.

"Semester pertama tahun ini mudah-mudahan bisa langsung dimulai pembangunan fisik," harapnya.

"Untuk pembangunan fisik ruas lain tol Jambi-Betung, diharapkan bisa dimulai tahun 2023 ini. Tepatnya dimulai pada semester 1 tahun 2023 ini," tambahnya.

Diperkirakan oleh Agus, pembangunan tol Jambi - Betung akan memakan waktu hingga 2024. Setelah selesai jalan tol Jambi-Betung, baru mulai dibahas untuk pembangunan tol Jambi - Rengat.

"Clear dulu Jambi-Betung ini, baru nanti Jambi-Rengat," ungkapnya.

Sampai dengan akhir tahun 2022, sudah ada 4 dari 6 desa yang ditargetkan terselesaikan untuk ganti untung jalan tol Jambi-Palembang.

Sebagai informasi tambahan, jalan tol Jambi-Betung  ini, yang tercatat akan diselesaikan mengenai pembebasan lahannya di beberapa desa di Kabupaten Muaro Jambi yakni, Desa Sungai Landai, Muaro Sebapo, Pondok Meja, Pematang Gajah, Bertam, dan Pijoan.

"Untuk tahun 2023 tinggal dua desa yang bakal dilakukan ganti untung yakni Desa Bertam dan Pijoan,"ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Jambi-Betung 1 Mellia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Muaro Jambi Ahmad Al Kausar menjelaskan, untuk pembebasan lahan untuk Jambi-Betung ini sudah memulai terselesaikan.

"Kalau untuk pembebasan itu sudah semua, tinggal lagi untuk pembayaran yang belum," ujarnya.

Terkait pembahasan desain ruas tol Jambi-Betung, dalam proses pembangunan tol ini, ada lima paket pengerjaan yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Yakni, paket pertama, dari batas Provinsi Sumatera Selatan ke Tempino, Kabupaten Muaro Jambi.

Kemudian dari Tempino ke Simpang Ness sepanjang 18 Km. Dari Simpang Ness ke Cinto Kenang, Sengeti Kabupaten Muaro Jambi dengan panjang 15 Km.

Tags :
Kategori :

Terkait