Status Level II, Erupsi Gunung Kerinci Sempat Terhenti

Senin 16-01-2023,10:37 WIB
Reporter : Ksandi
Editor : Rnd

jektvnews.com - Pemerintah setempat telah mengeluarkan status Gunung Kerinci  menjadi status II (Waspada) akibat erupsi yang terjadi sejak 18 Oktober 2022 hingga saat ini.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci Irwan Safwan mengatakan bahwa, aktivitas  gunung kerinci saat ini dengan kolom abu yang teramati kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitude maksimum 5 mm dan durasi sementara ini kurang lebih 10 menit,” ujarnya, Senin (16/1).

Dirinya juga menyebutkan erupsi Gunung Kerinci ini sempat berhenti pada hari Minggu 15 Januari 2023.

"Memang sempat terhenti beberapa hari setelah itu erupsi lagi, Itu sudah disebut erupsi terus, " jelas Irwan Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci,” ungkapnya, dikutip dari jambiekspres.disway.id, Minggu (15/1).

Dengan status Gunung Kerinci level II (Waspada) ini, masyarakat sekitar wilayah tersebut tidak diperbolehkan mendaki gunung kerinci dengan radius 3 km dari kawah aktif.

Selain itu, jalur penerbangan disekitar gunung kerinci tidak diizinkan dilewati, dikarenakan sewaktu-waktu berpotensi terjadi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Tags :
Kategori :

Terkait