Penerapan Teknologi Pembuatan Kompos yang Diperkaya (Enriched Compost) untuk Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Aplikasinya pada Tanaman Jeruk di Desa Jujun Ka

Selasa 29-11-2022,17:07 WIB

jektvnews.com - Jambi, Desa Jujun terletak di wilayah Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dengan luas wilayah 2.080,5 hektar. Desa ini memiliki kekayaan alam yang sangat potensial dikembangkan untuk usaha pertanian dan pariwisata. Lahan pertanian yang ada di Desa Jujun berupa sawah irigasi yang usahakan untuk tanaman padi, dan lahan kering (ladang) yang diusahakan untuk tanaman perkebunan dan buah-buahan (terutama tanaman jeruk).

 

Desa Jujun juga berada di kawasan wisata Danau Kerinci sehingga sangat potensial dikembangkan sebagai objek wisata. Namun disisi lain dengan bertambahnya jumlah penduduk di Desa Jujun Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci, dan meningkatnya berbagai aktivitas yang semakin beragam menimbulkan peningkatan volume dan jenis sampah atau limbah yang dihasilkan.

 

Berdasarkan survei pendahuluan yang dilakukan dan diskusi dengan perangkat desa Jujun, Dosen Prodi Agroekoteknologi dengan ketua Yulia Alia, dan anggota Irianto, Ardiyaningsih Puji Lestari, Sosiawan Nusifera, Agus Kurniawan M dan Bersama mahasiswa MBKM melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Penerapan Teknologi Pembuatan Kompos yang Diperkaya (Enriched Compost) untuk Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Aplikasinya pada Tanaman Jeruk di Desa Jujun Kabupaten Kerinci.

 

Kegiatan yang dilakukan adalah  penyuluhan dan pelatihan, berupa (1) Pengelolaan sampah rumah tanggga,  Pembuatan kompos limbah rumah tanggga dan pembuatan biochar sekam padi; serta (2) Teknik aplikasi pupuk  organik yang diperkaya pada budidaya tanaman jeruk di desa Jujun.

 

Terimakasih kepada Fakultas Pertanian, LPPM dan Universitas Jambi yang telah membantu pendanaan serta aparat desa dan masyarakat Desa Jujun serta para mahasiswa MBKM Prodi Agroekoteknologi  yang berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini.

 

Tags :
Kategori :

Terkait