Tahun baru Imlek, Ikan Bawal Putih Dan Udang Gogo Jadi Incaran

Selasa 01-02-2022,08:17 WIB
Reporter : Surya
Editor : Rnd

jektvnews.com Kuala Tungkal, Tradisi bagi masyarakat chines ketika hari raya imlek tidak pernah luput untuk selalu menyediakan makanan tangkapan laut seperti ikan bawal putih dan udang gogo, tak khayal dua jenis tangkapan laut ini menjadi incaran sehingga laris manis dipasaran bahkan harganya pun turut melejit dari harga biasanya.

 

Salah seorang pedagang di pasar tanggo rajo ilir mulyadi membenarkan, bahwa di moment tahun baru imlek sejumlah masyarakat chines berburu tangkapan laut untuk dijadikan menu santapan ketika hari imlek.

 

Kondisi ini tak khayal membuat harga pun melejit naik, sebab biasanya satu jenis ikan bawal putih dengan ukuran 1 kg dijual diharga Rp 250 ribu, namun saat ini harga mencapai Rp 550 ribu rupiah perkilonya.

 

Sementara udang gogo sebelumnya Rp 150 ribu, saat ini naik menjadi Rp 200 ribu perkilonya.

 

“Banyak masyarakat chines di tungkal ini memburu bawal putih dan udang gogo, jadi permintaan tinggi membuat harga naik. Biasanya bawal putih Cuma 250 sekilo, sekarang samapi 550 ribu sekilo,” ujar Muyadi, senin (31/1/22)

 

Sementara itu pengepul tangkapan laut M Nur mengungkapkan, jika moment hari raya imlek ini memang menjadi tradisi untuk warga chinese memborong tangkapan laut terutama jenis tangkapan laut seperti ikan bawal putih dan udang gogo.

 

“Sudah biasa ini setiap tahun baru imlek masyarakat chines di tungkal ini memang menjadikan bawal putih dan udang gogo jadi tradisi menu hidangan.” Jelas M Nur.(Sry)

Tags :
Kategori :

Terkait