Viral Artis Adopsi Boneka Arwah (Spirit Doll), Begini Kata Pakar Budaya FIB UI

Sabtu 08-01-2022,00:26 WIB
Reporter : Rnd
Editor : Rnd

jektvnews.com - Jakarta, Beberapa hari belakangan ini, spirit doll atau boneka arwah semakin ramai diperbincangkan karena diadopsi oleh sejumlah artis.

Fenomena artis mengadopsi boneka arwah ini semakin viral di media sosial. Beberapa artis tanah air dikabarkan mengadopsi spirit doll atau boneka arwah layaknya anak mereka sendiri yaitu Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Ruben Onsu, Soimah, dan Furi Harun.

Ivan Gunawan yang mengasuh dua boneka laki-laki dengan tegas mengatakan bahwa ia merawat atau memperlakukan keduanya bukan seperti boneka, melainkan bayi.

Spirit doll atau boneka arwah ini diasuh atau diadopsi karena dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya.

Mengenai spirit doll atau boneka arwah yang ramai diadopsi ini, Peneliti Sastra dan Budayawan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Dr Sunu Wasono pun angkat bicara.

Menurut Sunu, sebenarnya istilah boneka arwah itu tidak berarti benar-benar ada arwah di dalamnya.

"Itu kan benda atau buatan manusia," kata Sunu seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (5/1/21).

Namun, diakui Sunu, dari kepercayaan sebagian orang memang benda atau materi tersebut bisa diisi sesuatu, misalnya roh atau energi yang dari segi kepercayaan bisa berupa jin atau lelembut tertentu.

Tidak hanya boneka, bagi mereka yang memiliki kepercayaan ini sebenarnya benda apa pun seperti keris, batu, tongkat, ikat pinggang atau sabuk, dan lain sebagainya bisa diisi kekuatan yang tak tampak oleh pandangan mata.

Akan tetapi, menurut Sunu pribadi, fenomena artis yang mengadopsi spirit doll marak atau boneka arwah dan viral tersebut murni untuk kepentingan bisnis saja.(*)

Tags :
Kategori :

Terkait