Video Pembelajaran Sebagai Media Efektif Bagi Guru Dalam Menyajikan Materi Ajar Secara Daring

Selasa 30-11-2021,22:47 WIB

JEKTV.co.id - Guru merupakan seorang pendidik yang bertanggung jawab dalam memberikan pemahaman terkait ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada para murid. Dengan tujuan meningkatkan kualitas generasi sumber daya manusia kelak diharapkan guru dapat memberikan pendidikan yang berkualitas guna mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini dimulai dari pendidikan di jenjang Sekolah Dasar, yang merupakan jenjang pendidikan formal pertama dimana generasi muda mulai mengenal berbagai ilmu pengetahuan yang ada. Pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar, murid lebih cenderung tertarik memahami materi yang disampaikan dengan interaktif dan inovatif. Dan penyajian materi dengan interaktif dan inovatif tersebut dapat terlaksana melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah semakin berkembang luas di seluruh sektor kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan.

 

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan dalam bidang pendidikan kali ini adalah pengembangan dan penerapan perangkat ajar berbasis multimedia yang dapat digunakan untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran secara daring, dimana materi disajikan dalam bentuk animasi atau ilustrasi sehingga dapat memudahkan murid memahami materi yang disampaikan. Akan tetapi pada kenyataannya terkadang guru masih mengalami kesulitan dalam menyajikan bahan ajar interaktif dan inovatif yang dapat menarik minat murid/siswi di kelas agar tidak terkesan monoton.

 

Untuk itu agar dapat meningkatkan pemahaman guru dalam membuat perangkat ajar berbasis multimedia maka dilakukanlah program pengabdian kepada masyarakat (PPM). Mitra dari kegiatan PPM ini adalah SD Negeri 30/IV Kota Jambi. Pada kegiatan PPM ini SD Negeri 30/IV Kota Jambi berkontribusi dalam menyediakan tempat pelaksanaan PPM, mendata guru-guru sekolah dasar yang berada dalam satu wilayah Gugus Angso Duo di Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi, menyediakan contoh buku ajar, serta tempat menggali permasalahan dalam pembelajaran.

 

Pada hari Kamis Tanggal 24 September 2020, merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang telah disusun. Dimana pada tanggal tersebut dilakukan sosialiasi manfaat penggunaan perangkat ajar berbasis multimedia. Kegiatan sosialiasi manfaat penggunaan perangkat ajar berbasis multimedia tersebut dibuka oleh Ibu Sukmayetty, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 30/IV Jambi. Dan kegiatan PPM dipimpin langsung oleh ketua tim pelaksana, yaitu Reni Aryani, S.Kom., M.S.I.

 

Pada pembukaan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SD 30/IV Jambi, Ibu Sukmayetty menyampaikan bahwa beliau sangat antusias terhadap pelaksanaan kegiatan PPM ini dan beliau juga menyampaikan bahwa memang guru-guru mereka sangat membutuhkan sekali sosialisasi dan pelatihan membuat perangkat ajar berbasis multimedia. Hal ini dikarenakan pada masa pandemi ini guru-guru memang dituntut untuk dapat menguasai teknologi dalam mengembangkan bahan ajar mereka. Biasanya untuk menyampaikan materi, guru-guru hanya mengirim foto tugas/materi saja ke murid untuk dikerjakan, beliau beranggapan bahwa kegiatan pembelajaran dengan cara tersebut pastinya tidak optimal. Dalam sosialisasi tersebut ketua tim menyampaikan manfaat penggunaan perangkat ajar berbasis multimedia bagi guru dan murid. Sosialisasi tersebut dilakukan oleh tim yang beranggotakan Dewi Lestari, S.Kom., M.S.I., Daniel Arsa, S.Kom., M.S.I., Rizqa Raaiqa Bintana, S.T., M.Kom., dan Zainil Abidin, S.T., M.Eng.

 

Dari kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan pemahaman dan pengetahuan guru-guru SDN 30/IV Jambi terkait manfaat penggunaan perangkat ajar berbasis multimedia, sehingga pembelajaran daring tetap terlaksana dengan optimal.

 

Berikut merupakan tutorial cara pembuatan konten video pembelajaran sederhana menggunakan Microsoft PowerPoint yang merupakan salah satu luaran dari kegiatan PPM ini :

https://www.youtube.com/watch?v=QC2Gg2jQzSw

Tags :
Kategori :

Terkait