Dosen Sistem Informasi UNJA Bantu Tingkatkan Strategi Promosi Agro-Edu Wisata Desa Dataran Kempas Melalui Visual Branding

Senin 01-11-2021,11:17 WIB

JEKTV.co.id - JAMBI - Desa Dataran Kempas Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki banyak potensi di bidang pertanian sehingga berpeluang untuk dikembangkan menjadi agro-edu wisata. Dilihat dari potensi pertanian yang dimiliki, desa Dataran Kempas layak menjadi destinasi wisata pendidikan pertanian atau dikenal dengan agro-edu wisata. Namun, kendala yang dihadapi dalam mengembangkan agro-edu wisata ini adalah minimnya sarana promosi. 

Image (citra) Desa Dataran Kempas sebagai destinasi agro-edu wisata belum begitu populer, serta belum adanya identitas visual yang mencitrakan desa Dataran Kempas sebagai desa yang memiliki potensi agro-edu wisata. Penerapan identitas visual dapat digunakan sebagai satu langkah branding sebagai citra dari desa.

Branding merupakan pencitraan agar suatu produk dapat menarik dan melekat di benak konsumen. Perancangan visual branding sangat diperlukan untuk memberi identitas sehingga masyarakat bisa memahami citra yang ditampilkan agro-edu wisata Desa Dataran Kempas, harapannya masyarakat terpengaruh untuk berkunjung kesana (Ramadhani, 2020).

Dalam hal ini, Tim PPM Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi yang diketuai oleh Bpk. Ir. Indra Weni, M.Kom beserta tim yakni Ibu Ulfa Khaira, S,Komp.,M.Kom., Bpk. Edi Saputra, S.T.,M.Sc., Bpk. Zainil Abidin, S.T.,M.Eng., dan Ibu Yolla Noverina, S.Kom.,M.Kom melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) dengan tema Penerapan Visual Branding Agro-Edu Wisata Desa Dataran Kempas Sebagai Strategi Penguatan Promosi Pariwisata.

Tim PPM Prodi Sistem Informasi UNJA memberikan pelatihan membuat desain konten visual yang menarik menggunakan aplikasi sederhana seperti Canva. Serta membuat identitas visual untuk agro-edu wisata seperti pembuatan logo, brosur, infografis, baliho, stationary set, dan merchandise, serta video iklan promosi potensi agro-edu wisata desa Dataran Kempas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kelompok Wirausaha Tani, Sekretaris Desa Dataran Kempas Bpk. Supari, S.Pd, beserta jajaran perangkat desa, dan beberapa orang Dosen Tim PPM serta Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi. Kegiatan berlangsung dengan lancar. Terlihat antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Semoga dengan adanya rancangan identitas visual seperti logo dan implementasi desain beserta media promosi akan membuat calon wisatawan lebih mengenal Desa Dataran Kempas sebagai desa agro-edu wisata dan para wisatawan yang sudah pernah datang ke Desa Dataran Kempas mendapatkan nilai memorable (yang mengesankan) yang dapat membedakan dari desa lainnya ucap Bpk. Ir. Indra Weni, M.Kom.

Di akhir sesi kegiatan, Tim PPM Universitas Jambi menyerahkan contoh bentuk merchandise yang akan menjadi salah satu bentuk identitas visual Agro-Edu Wisata Desa Dataran Kempas seperti baju (polo shirt), topi, mug, totebag, note book, hangtag, Tag gun dan goodie bag untuk media pendukung promosi.

Tags :
Kategori :

Terkait