Vaksin Covid Selesai Januari 2021

Rabu 12-08-2020,10:02 WIB
Reporter : rh
Editor : Ra

“Kini kita tunggu enam bulan ke depan, mohon doa atas vaksin yang saya pastikan halal ini. Insya Allah, jika uji klinis fase III berjalan lancar, kita siapkan registrasi ke Badan POM. Selanjutnya, diproduksi massal dan bisa digunakan mengatasi COVID-19,” tegas Erick.

Menurutnya, tidak banyak negara atau lembaga penelitian yang sudah mencapai uji klinis hingga tahap III. Bio Farma menyatakan BPOM sudah mengetahui hasil positif dari tahapan uji klinis vaksin COVID-19. Mulai dari uji pre-klinis, uji klinis tahap 1 dan uji klinis tahap 2 yang dilakukan di China.

Kerja sama Bio Farma dengan Sinovac dilakukan karena memiliki kesamaan platform antara vaksin yang dikembangkan Sinovac dengan kemampuan Bio Farma memproduksinya. Menteri BUMN itu menyatakan kesiapan Bio Farma meningkatkan kapasitas produksi dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah ada di lahan Bio Farma tanpa perlu penambahan investasi. “Bio Farma siap menambah kapasitas produksi sebanyak 150 juta dosis sehingga mencapai jumlah 250 juta dosis,” pungkasnya. (rh/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait