Akhirnya Hadi Pranoto Bicara, Ngaku Bukan Dokter Apalagi Profesor: Itu Panggilan Sayang

Selasa 04-08-2020,07:47 WIB
Reporter : ruh
Editor : Ra

JAKARTA – Hadi Pranoto yang mengklaim penemu obat Covid-19 dalam video Youtube selebritas Edian Aji Prihartanto alias Anji, akhirnya buka suara.

Hadi Pranoto pun akhirnya mengakui bahwa dirinya bukan dokter, apalagi profesor.

Karena itu, Hadi menyatakan bahwa jika namanya dicari di database Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dipastikan tidak ada.

“Karena saya bukan dokter dan saya tak ada hubungan dengan atau kerja sama dengan IDI,” ujarnya kepada JawaPos.com, Senin (3/8/2020).

Hadi menyatakan, bahwa sebutan dokter dan profesor itu adalah sebutan dan panggilan teman-temannya kepadanya.

Sebab, kata Hadi, teman-temannya kagum karena dirinya adalah seorang penemu.

“Saya tak pernah declare diri saya seorang dokter atau seorang profesor,” kata dia.

“Itu kan panggilan kesayangan teman-teman saya karena merasa bangga ada anak bangsa, orang kecil, bisa menemukan suatu herbal yang bermanfaat untuk pengobatan Covid-19,” sambung Hadi.

Untuk diketahui, usai diunggah di akun Youtube selebritas Anji, nama Prof Hadi Pranoto ramai diperbincangkan publik.

Itu lantaran sosok yang mengaku sebagai Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19 tersebut mengklaim telah menemukan obat Covid-19.

Video tersebut diunggah pada 31 Juli 2020 dengan judul ‘BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1)’.

Dalam video tersebut, Hadi yang mengenalkan dirinya sebagai profesor, menyebutkan bahwa cairan antibodi Covid-19 yang ditemukannya bisa menyembuhkan ribuan pasien Covid-19.

Bahkan, Hadi menyebut cairan antibodi Covid-19 tersebut disebutnya telah didistribusikan di Pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan.

Hadi juga menyebutkan telah memberikan cairan antibodi Covid-19 tersebut kepada ribuan pasien di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, dengan lama penyembuhan 2-3 hari.

Namun, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan pun membantah klaim Hadi Pranoto.

Tags :
Kategori :

Terkait