PSSI Percepat Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Senin 16-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Diana Hrp
Editor : Diana Hrp

JEKTVNEWS.COM - PSSI tengah berupaya maksimal agar dua pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam laga tandang Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain dan China yang akan digelar pada Oktober mendatang. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menargetkan proses naturalisasi kedua pemain ini bisa rampung sebelum batas akhir pendaftaran pada 24 September. Dalam keterangannya, Erick Thohir menyebut bahwa PSSI masih memiliki waktu sekitar 4 hingga 5 hari antara 20 hingga 24 September untuk menyelesaikan pendaftaran Mees dan Eliano agar keduanya dapat bermain di laga penting bulan depan.

BACA JUGA: Polemik Kontroversi Wasit Eko Agus Sugih Harto di Semifinal PON 2024

"Tanggal 20 sampai 24 September kita masih punya waktu 4-5 hari untuk coba mendaftarkan mereka. Jika lewat dari tanggal 24, mereka tidak bisa dimainkan pada Oktober," jelas Erick Thohir dalam wawancaranya. Proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sejauh ini telah mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Presiden Joko Widodo, Menpora Dito Ariotedjo, dan Menteri Hukum dan HAM Suparman Andi Agtas sudah memberikan persetujuan mereka. Selanjutnya, proses ini akan bergulir di DPR, yang menurut Erick Thohir, akan menjadi tahap krusial.

Rencananya, Mees dan Eliano akan menjalani rapat dengan Wakil Komisi X DPR RI pada 17 September. Jika rapat ini berjalan lancar, langkah selanjutnya adalah proses bersama Komisi III DPR RI. Jika kedua komisi ini memberikan persetujuan, proses naturalisasi akan dilanjutkan di Kementerian Sekretariat Negara (Mensesneg) untuk mendapatkan surat keputusan dari Presiden. Setelah surat keputusan dari Presiden dikeluarkan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan menjalani prosesi sumpah naturalisasi yang difasilitasi oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Jika seluruh tahapan ini selesai tepat waktu, maka kedua pemain tersebut bisa segera memperkuat Timnas Indonesia di laga-laga krusial.

BACA JUGA:Berhasil Tahan Gawang Indonesia Vs Australia, Maarten Paes Langsung Pulang Ke Amerika Serikat

Indonesia dijadwalkan kembali berlaga dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 10 Oktober melawan Bahrain dan 15 Oktober melawan China. Kedua pertandingan ini akan berlangsung di luar negeri, tepatnya di Riffa, Bahrain, dan Qingdao, China. Kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di skuat Garuda dinilai akan memberikan tambahan kekuatan penting bagi Timnas Indonesia. Keduanya memiliki darah Indonesia dari ibu mereka yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara, dan Maluku. Dengan pengalaman bermain di liga-liga Eropa, Mees dan Eliano diharapkan dapat meningkatkan kualitas permainan tim nasional dalam menghadapi lawan-lawan berat di kualifikasi Piala Dunia.

 

Kategori :