Keputusan MK, Hairan-Amin Dipastikan Maju Pilkada Tanjab Barat

Jumat 23-08-2024,11:25 WIB
Reporter : Tim
Editor : KSandi

TANJAB BARAT, JEKTVNEWS.COM - Berdasarkan Keputusan MK No 60/PUU-XXII/2024 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), H. Hairan, SH dan M. Amin, SKM, M.Kes (Hairan-Amin) dipastikan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November mendatang. 

Berdasarkan kutipan didalam amar putusannya MK yang menjelaskan, bahwa persyaratan pemilihan untuk mengusulkan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) serta Walikota dan Calon Wakil Walikota, ialah sebagai berikut.

"Kabupaten atau kota dengan jumlah penduduk yang termuat pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) sampai dengan 250.000 (dua ratus ribu jiwa, partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memeroleh suara sah paling sedikit 10% (sepuluh persen) di Kabupaten atau Kota tersebut".

BACA JUGA:Palak Dan Aniaya Sopir Truk Batubara Ht Diringkus Polisi

Jika dilihat dari berdasarkan DPT di Kabupaten Tanjab Barat pada Pemilu Serentak 2024 pada Pemilihan Legislatif dan Presiden, DPT di Tanjabbar sebanyak 234.583 (dua ratus tiga puluh empat ribu lima ratus delapan puluh tiga) pemilih.

Sementara itu, perolehan suara Partai NasDem di Tanjabbar yang dinakhodai oleh Hairan pada  Legislatif 2024 kemarin sebanyak 28.157 (dua puluh delapan ribu seratus lima puluh tujuh) suara.

Jadi, jika perolehan suara tersebut dikalkulasikan. Maka Partai NasDem mendapatkan sebanyak 12 persen suara pada pemilihan Legislatif 2024 kemarin.

Ketua TIM Pemenangan Hairan-Amin, Andi Nuzul mengatakan, berdasarkan dari hasil surat keputusan MK tersebut, maka pasangan kandidat Hairan-Amin akan dipastikan untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November mendatang. 

"Jadi, insya Allah Hairan-Amin akan maju di Pilkada Tanjab Barat," tegasnya, Kamis (22/8/24).

BACA JUGA:Palak Dan Aniaya Sopir Truk Batubara Ht Diringkus Polisi

Menurut Andi, walaupun Hairan-Amin dapat maju cukup dari Partai NasDem saja sudah bisa memenuhi untuk persyaratan pendaftaran pada Pilkada 2024 di Tanjabbar, akan tetapi tetap akan berusaha menjalin koalisi dengan partai lainnya.

"Hairan-Amin sudah bisa maju, namun masih berusaha menjalin koalisi dengan partai lain," tegasnya.

Andi berharap, agar seluruh Tim Pemenangan Hairan-Amin tetap solid dan jangan sampai terpicu dengan isu-isu yang berkembang saat ini. Hal itu akan dapat memecah belahkan tim pemenangan Hairan-Amin. 

BACA JUGA:Sinergi Untuk Keselamatan: Pelindo Jambi Gelar Sosialisasi Dan Penandatanganan Komitmen K3

"Mari kita bentangkan semangat untuk memenangkan pasangan Hairan-Amin," pungkas pria bersahaja ini. 

Kategori :