Hujan Buatan, Membahas Potensi dan Dampaknya

Selasa 10-10-2023,15:34 WIB
Editor : Ksandi

JEKTVNEWS.COM - Hujan buatan adalah teknologi yang telah dikembangkan untuk memicu atau meningkatkan hujan di wilayah tertentu. Ini adalah salah satu bentuk modifikasi cuaca yang telah dikaji dan digunakan secara luas di beberapa bagian dunia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu hujan buatan, bagaimana prosesnya bekerja, potensi kegunaannya, dan dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat.

Apa Itu Hujan Buatan?

BACA JUGA:PT Forisa Nusapersada Buka Lowongan Kerja Oktober 2023, Simak Persyaratannya disini!

Hujan buatan adalah upaya manusia untuk memanipulasi kondisi atmosfer dengan tujuan memicu atau meningkatkan hujan.

Teknologi ini terutama digunakan dalam situasi-situasi di mana kekeringan parah dapat merusak pertanian, sumber daya air, dan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Hujan buatan dapat dilakukan dengan beberapa metode, yang paling umum adalah dengan menyemprotkan zat kimia yang disebut sebagai "semen awan" atau "nukleator awan" ke dalam awan hujan.

BACA JUGA:IHSG Diperkirakan Melemah, Masih Ada Peluang Kenaikan Jangka Panjang

Bagaimana Hujan Buatan Bekerja?

Proses hujan buatan biasanya melibatkan langkah-langkah berikut:

Pemantauan Cuaca: Tim ahli cuaca memantau kondisi atmosfer dan menentukan saat yang tepat untuk mencoba memicu hujan buatan.

Penyemprotan Nukleator Awan: Pesawat atau peralatan darat menyemprotkan nukleator awan, biasanya bahan kimia seperti natrium klorida atau kalium iodida, ke dalam awan hujan.

Pembentukan Butir Hujan: Nukleator awan menyebabkan partikel-partikel air dalam awan berkumpul dan membentuk butir hujan yang cukup berat untuk jatuh ke bumi.

Pelepasan Hujan: Hujan akhirnya turun ke permukaan bumi.

BACA JUGA:Tips Cara Memelihara Kerbau di Rumah

Kategori :