Pentingnya Peranan Agama dalam Menangkal Pemahaman Radikalisme

Jumat 08-09-2023,15:05 WIB
Editor : Ksandi

JEKTVNEWS.COM - Indonesia sebenarnya memiliki infrastruktur keagamaan atau tradisi keberagamaan yang sangat kuat dalam menangkal radikalisme.

Pendidikan Islam di Indonesia meliputi berbagai lembaga pendidikan mulai dari taman pendidikan Quran, taman kanak-kanak, madrasah diniyah, sekolah dasar Islam, madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah, perguruan tinggi, dan pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Pinjol Semakin Marak, Kenali Ciri Pinjol Ilegal

"Radikalisme adalah upaya sistematis yang dilakukan individu atau kelompok untuk melakukan perubahan radikal sampai ke akar-akarnya dengan kekerasan," Kata Ustadz Mukorrobin, selaku Pimpinan Ponpes Darul Ulum.

Di era digital, dalam ruang lingkup kompetisi global, disrupsi sosial politik juga terjadi di masyarakat. Organisasi Islam juga ikut berperan dalam melakukan perubahan-perubahan yang terjadi dalam dinamika umat beragama serta dalam mencegah dan menangkal penyebaran paham radikal terorisme. 

Media sosial telah menjadi satu faktor yang mengubah perilaku sikap keagamaan. Masyarakat dunia saat ini telah terintegrasi secara global. Apa yang menjadi isu di Eropa dan Amerika, misalnya, dengan mudah bisa terjadi di Indonesia. Di antara berbagai perubahan itu isu radikalisme adalah satu hal yang harus diwaspadai.

BACA JUGA:SM Entertainment Perkenalkan Tujuh Member Baru Unit Terakhir NCT

"Karena radikalisme adalah sebuah ideologi yang ingin melakukan perubahan sistematis dalam masyarakat, maka perlu ada upaya yang sistematis pula untuk mengatasinya," sambungnya.

Dalam bahasa yang populer, Ustadz Mukorrobin, menjelaskan perlunya melakukan upaya yang sistematis, masif, dan terstruktur menghadapi bahaya radikalisme. Tidak bisa hanya melakukan kegiatan-kegiatan yang sporadis.

Kategori :