Cukup Berbahaya! Berikut Teknik yang Dapat Digunakan Saat Akan Menyelam

Kamis 03-08-2023,07:13 WIB
Reporter : Febriani
Editor : Gusti

JEKTVNEWS.COM - Menyelam merupakan hal yang sangat sukar untuk dilakukan oleh sebagian orang. Selain sulit, menyelam juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Walau pada dasarnya dengan menyelam kita dapat melihat hal indah di dasar air, namun faktanya tidak semua orang pandai menyelam. Maka tidak heran jika menyelam hanya dapat dilakukan oleh sebagian orang saja.

BACA JUGA:Mengenal Biophilia yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental

Berikut adalah beberapa teknik menyelam di dalam air dengan pernapasan yang stabil:

1. Berlatih pernapasan dalam. Berlatihlah menarik napas dalam-dalam dan perlahan-lahan, kemudian tahan napas selama beberapa detik. Lakukan ini beberapa kali untuk membiasakan diri dengan sensasi menahan napas.

2. Perhatikan pernapasan saat menyelam. Saat menyelam, perhatikan pernapasan Anda dan pastikan tidak bernapas terlalu cepat atau terlalu dalam. Jika bernafas terlalu cepat, maka akan cepat kehabisan nafas pula. Namun jika ingin bernafas terlalu dalam, dapat mengalami sakit kepala.

3. Hembuskan nafas perlahan saat naik ke permukaan. Saat naik ke permukaan, hembuskan nafas perlahan-lahan dan secara bertahap. Hal ini akan membantu mencegah mengalami sakit kepala atau telinga berdengung.

BACA JUGA:Waspada! Berikut Dampak Buruk Bagi Korban Pelecehan

4. Jangan menyelam terlalu dalam atau terlalu lama. Jika tidak berpengalaman, jangan menyelam terlalu dalam atau terlalu lama. Mulailah dengan menyelam di perairan dangkal dan kemudian tingkatkan kedalamannya secara bertahap.

5. Berhati-hatilah dengan arus. Arus dapat berbahaya bagi penyelam, terutama jika tidak terbiasa dengan kondisi tersebut. Jika Anda berada di perairan yang memiliki arus kuat, berhati-hatilah dan jangan menyelam sendirian.

6. Selalu menyelam dengan teman. Menyelam dengan teman adalah cara yang aman untuk memastikan selalu dalam pengawasan. Jika mengalami masalah, teman tersebut dapat membantu.

BACA JUGA:Daftar Wanita Terkaya Dunia 2023 Menurut Forbes

Dengan teknik yang baik menyelam bukan hanya menjadi hobi, namun juga menjadi tempat ternyaman untuk menenangkan pikiran. Asalkan dengan menggunakan teknik yang tepat.

Kategori :