5 Manfaat Sinar Matahari Bagi Tubuh, No 2 Simak Para Wanita

5 Manfaat Sinar Matahari Bagi Tubuh, No 2 Simak Para Wanita

Ilustrasi Berjemur-Rey.id-

JEKTVNEWS.COM - Sinar matahari memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Produksi Vitamin D: Sinar matahari membantu tubuh manusia untuk menghasilkan vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan masalah tulang seperti osteoporosis atau kepadatan tulang yang rendah.

BACA JUGA:Simak! Manfaat Cuci Muka dengan Air Cucian Beras

2. Perbaikan Mood: Paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi serotonin dalam otak. Serotonin merupakan neurotransmitter yang berperan dalam mengatur suasana hati dan merasa bahagia. Kurangnya paparan sinar matahari dapat berhubungan dengan gangguan suasana hati seperti depresi musiman atau gangguan depresi mayor.

3. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh: Sinar matahari dapat merangsang produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit T. Limfosit T berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

BACA JUGA:Ternyata Ini Manfaat Lip mask Pada Bibir

4. Regulasi Ritme Biologis: Paparan sinar matahari membantu mengatur ritme sirkadian tubuh manusia, yaitu siklus alami tidur dan bangun. Melihat sinar matahari pagi hari yang cukup dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki gangguan tidur seperti insomnia.

5. Penyembuhan Luka: Sinus ultraviolet pada sinar matahari memiliki efek antimikroba dan dapat membantu dalam penyembuhan luka. Cahaya matahari juga dapat merangsang produksi sel-sel kulit yang baru, mempercepat pemulihan luka.

BACA JUGA:Guna Kebaya Biru, Raline Shah Berjalan Anggun di Red Carpet Cannes Film Festival 2023

Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak paparan sinar matahari juga dapat memiliki efek negatif, seperti penuaan kulit dini dan peningkatan risiko kanker kulit. Penting untuk menjaga keseimbangan dengan menggunakan pelindung matahari dan menghindari paparan berlebihan terutama saat sinar matahari paling kuat, yaitu antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Sumber: