Waw! Ini Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh

Waw! Ini Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh

Omega -3-Blackmores-

JEKTVNEWS.COM - Omega-3 merupakan jenis asam lemak esensial yang sering disebut sebagai bahan super, karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Asam lemak ini tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, melainkan dapat dihasilkan dari makanan atau suplemen yang dikonsumsi.

BACA JUGA:Begini 7 Tips Memilih Skincare Sesuai Dengan Jenis Kulit

Dilansir dari halodoc, Berikut Ini Manfaat Omega-3 Bagi Kesehatan Tubuh : 

1. Menjaga Kesehatan Mata 

Kandungan Omega-3 yang terkandung dalam ikan jika dikonsumsi sebanyak dua kali seminggu, dapat mengurangi risiko degenerasi makula yang disebabkan karena faktor usia.

Degenerasi makula merupakan gangguan penglihatan yang terjadi pada orang tua sehingga pandangan terlihat buram. Kondisi ini akan memengaruhi kemampuan membaca, menyetir, menulis, atau mengenali wajah.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Omega-3 yang terkandung di dalam ikan juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan stroke.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 secara rutin dinilai mampu mengurangi kadar trigliserida (lemak jahat) dalam darah.

3. Mencegah Demensia

Demensia atau gangguan daya ingat, berpikir, dan berperilaku dapat diatasi dengan mengonsumsi omega-3 Jika dikonsumsi secara rutin.

Selain itu, omega-3 dapat menunjang perkembangan kognitif otak, meningkatkan aliran darah, pembentukan sel baru, mengurangi depresi, dan mencegah demensia sejak dini.

BACA JUGA:Wajib Tau! Beginilah Tips Merawat Kuku Agar Tetap Slay

4. Meredakan Arthritis

Selanjutnya, manfaat omega-3 juga dinilai dapat mengurangi nyeri sendi pada arthritis. Jika mengonsumsi minyak ikan selama 3 bulan berturut-turut secara teratur, maka dapat menurunkan resiko nyeri sendi.

Selain itu, Omega-3 juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh bagi pengidap rheumatoid arthritis, sehingga kemungkinan kesembuhan bisa meningkat. 

5. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat omega-3 yang terakhir adalah untuk kesehatan otak. Asam lemak esensial ini juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga Kesehatan Mental seseorang.

Kandungan yang terdapat di dalamnya dapat membantu meningkatkan kelancaran aliran darah di otak, sehingga gejala depresi dan kecemasan dapat teratasi.

Sumber: